Kamis, 12 Januari 2023

Peresmian Situation Room Balai PSKL Wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara


Berita

Mengawali pelaksanaan kegiatan-kegiatan tahun anggaran 2023, Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL) Wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara (Jabalnusra), telah meresmikan penggunaan situation room (sitroom) pada tanggal 12 Januari 2022 di Denpasar. Bali.  

Peresmian sitroom dilakukan oleh Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Bapak Dr. Ir. Bambang Suprianto, M.Sc, dengan didampingi oleh Sekretaris Direktorat Jenderal PSKL, Bapak Dr. Ir. Mahfudz, dan para Direktur lingkup Direktorat Jenderal PSKL (Bapak Syafda Roswandi, S.Hut, M.Si., dan Ibu Catur Endah Prasetiani, S.Si. M.T), serta Kepala Balai PSKL Wilayah Jabalnusra (Bapak Ojom Somantri, S.Hut., M.Sc) serta jajaran pegawai BPSKL.

Dirjen PSKL dalam sambutannya menyampaikan dengan terbangunnya sitroom di Balai PSKL Wil. Jawa, Bali dan Nusa Tenggara ini, diharapkan bisa menjadi tempat tidak hanya untuk melakukan updating data perkembangan Kelompok  Perhutanan sosial (KPS) dan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS), tapi juga bisa menjadi sarana yang dapat membantu KUPS atau KPS tersebut dalam melakukan pengembangan usaha kelompok. Sitroom bisa dimanfaatkan sebagai tempat bertemunya KUPS atau KPS dengan mitra usaha potensial dalam mengembangkan kerja sama usahanya serta sebagai referensi dalam pengambilan keputusan.

Setelah acara peresmian dilanjutkan dengan penggunaan perdana sitroom dengan melakukan teleconference dengan para pihak yang hadir secara virtual. Pada acara teleconference hadir perwakilan dari LPHD Wanagiri dan sekaligus juga melakukan tele wicara.  Dirjen PSKL dan rombongan menyempatkan untuk menikmati kopi dari wanagiri dan berdiskusi mengenai rencana pngembangan usaha kelompok yang akan dilakukan kedepannya. 

Sitroom Balai PSKL Jabalnustra dibangun atas dukungan dari program Kerjasama Pemerintah Indonesia dan Jerman melalui “Forest Programme V: Social Gortesry Support Programme (FP V)”. Dukungan FP V juga disediakan untuk membangun sitroom Kantor Pusat Ditjen PSKL di Jakarta, dan Balai PSKL Wilayah Kalimantan di Banjarbaru.


Penggunaan perdana sitroom. Dirjen PSKL melakukan tele wicara secara virtual