Rabu, 06 Desember 2023

Bimbingan Teknis Pengelolaan goKUPS dan Call Center Kepada Staf goKUPS di BPSKL Wilayah Bali – Nusa Tenggara


Berita

Pada 5-6 Desember 2023, tim goKUPS Ditjen PSKL melakukan bimbingan teknis kepada tim goKUPS yang berada di Balai PSKL wilayah Bali-Nusa Tenggara. GoKUPS adalah Sistem Informasi Perhutanan Sosial Terintegrasi berbasis elektronik (Online & Real Time) yang berfungsi sebagai Sistem Register Nasional Perhutanan Sosial, updating data, monitoring, evaluasi, sumber informasi dan publikasi kinerja Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan sebagai dasar penentuan kebijakan. Dengan adanya program Perhutanan Sosial diharapkan dapat meningkatkan ekonomi, ekologi, dan usahanya.
Kepala Balai PSKL wilayah Bali-Nusa Tenggara, Yusup, S.P., M.Si. mengatakan bahwa pengelolaan data, informasi, dan publikasi di Balai PSKL wilayah Bali-Nusa Tenggara masih perlu ditingkatkan, salah satunya adalah mempercepat penginputan data pada sistem goKUPS, serta website dan sosial media yang harus dibuat lebih aktif.


Sesuai dengan RENSTRA (Rencana Strategis) Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan tahun 2020 – 2024, salah satu tujuan dibentuknya kelembagaan pengelolaan data goKUPS di Balai untuk menyediakan data, informasi dan publikasi sebagai tools dalam mendukung pencapaian sasaran perhutanan sosial yang berkaitan dengan pengelolaan data PSKL khususnya wilayah Bali-Nusa Tenggara sebagai instrumen pengendalian dan pengambilan keputusan. Dan diharapkan dengan adanya Kelembagaan Gokups di Balai, dapat menjadi contoh dengan terlengkapinya data KUPS khususnya wilayah Bali dan Nusa Tenggara.
Sampai tanggal 5 Desember 2023, terdapat sekitar Rp54 Milyar data Nilai Ekonomi yang belum absah yang perlu dipastikan dan diabsahkan oleh BPSKL wilayah Bali-Nusa Tenggara, hal ini perlu digaris bawahi kerana salah satu indikator capaian Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan tahun 2023 adalah terdatanya nilai ekonomi nasional sebanyak Rp1,1 Triliun yang sampai saat ini masih sebanyak ±Rp760 Milyar (sumber: goKUPS 12 Desember 2023).

Bimbingan teknis berjalan dengan lancar, staf teknis goKUPS Balai PSKL Balnusra dapat memahami cara pengolahan data dan Informasi goKUPS dengan sangat baik. Selain itu, publikasi yang dilakukan oleh Balai PSKL Balnusra juga cukup baik, meskipun terdapat beberaa aspek yang masih perlu ditingkatkan, salah satunya adalah Social Media Branding.