Jumat, 11 November 2022

Rangkaian Kunjungan delegasi Jerman & Silaturahmi SEKDITJEN PSKL di Madiun


Berita

Dalam rangka persiapan implementasi FP V di Madiun telah dilakukan rangkaian  kunjungan yang dilakukan delegasi the Federal Ministry of Economic Cooperation and Development (BMZ) Jerman dan Direktur KfW Jakarta yang langsung ditindaklanjuti dengan pertemuan Sekditjen PSKL dengan Bupati Madiun pada tangggal 10-11 November 2022. Kunjungan yang dilakukan untuk mengetahui kemanfaatan proyek-proyek dan studi pendahuluan proyek Kerjasama bilateral Indonesia -Jerman dalam berbagai sektor pembangunan dipimpin oleh Mr. Burkhard Hinz, Direktur KfW Jakarta dan Mr. Peter Hoppe and  Mr. Florian Spindler dari Kementerian Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan Jerman, BMZ. Kunjungan hari pertama tanggal 10 November 2022 yang dikoordinasikan oleh Bapeda Madiun dan dihadiri oeh UPTD, Dishut Kehutanan Jatim, CDK,  KPH, Direktorat PKTHA, Setditjen PSKL, BPSKL Jablanusra diawali dengan pergelaran silat dilanjutkan dengan penyampaian profil Madiun,  sambutan selamat datang oleh Kepala Bappeda Madiun. Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Timur yang diwakili Kepala CDK menyampaikan progres,  dukungan  dan komitmen Propinsi Jatim  dalam pengembangan Perhutanan Sosial.

Pertemuan Delegasi BMZ dengan KLHK, Pemda Provinsi dan Kabupaten

Delegasi mengapresiasi Kementerian LHK dan Pemda yang telah menerima kunjungan dengan hangat dan merasa puas  dapat melihat langsung kemajuan social forestry di Madiun melalui diskusi bersama Pemda yang dilanjutkan kunjungan lapangan di Dungus dan Kare.  Dalam diskusi di lapangan para delegasi menanyakan langsung kepada kelompok tani dan penyuluh mengenai kegiatan yang dilaksanakan dalam mengelola hutan khususnya dalam rangka menjaga hutan lestari serta dukungan para pihak yang telah diterima kelompok baik melalui Kerjasama atau hibah. Petani juga menyampaikan harapan terkait jenis dukungan yang dibutuhkan dalam pengembangan bisnis Perhutanan Sosial.


Foto kunjungan lapangan Tim BNZ ke Kecamatan Kare (Kelompok Mugi Lestari) dan Dungus (KTH Mugiwaluyo)


Foto kunjungan lapangan Tim BNZ ke Kecamatan Kare (Kelompok Mugi Lestari) dan Dungus (KTH Mugiwaluyo)


Pada keesokan harinya, tanggal 11 November 2022, rombongan Ditjen PSKL terdiri dari perwakilan direktorat PKTHA selaku PEA FP V, Kepala BPSKL Jabalnusra dan konsulatan yang dipimpin oleh Sekditjen PSKL melakukan silaturahmi Perhutanan Sosial dengan Bupati Madiun  H. Ahmad Dawami Ragil Saputro,  sekaligus   melaporkan kunjungan delegasi BMZ dan diskusi persiapan implementasi FP V di Madiun. Pada pertemuan dimaksud disepakati untuk Menyusun Kesepakatan antara Ditjen PSKL dan Bupati terkait Sinergitas Pengelolaan Perhutanan  Sosial sebagai landasan dalam penyusunan program dan anggaran PS di daerah. Hal ini penting mengingat bahwa Pemda mempunyai kewajiban dalam pengembangan pemberdayaan masyarakat sekaligus memastikan ketepatan sasaran areal Perhutanan Sosial” demikian disampaikan oleh Pak Bupati yang akrab disapa Pak Kaji Mbing. Ditjen  PSKL menyambut baik usulan Bupati Madiun yang disampaikan langsung oleh Pak Mahfud dan meminta segera disiapkan Kesepakatan Kerjasama Sinergitas Pengelolaan  Perhutanan Sosial dalam kesempatan pertama, selain itu beliau berpesan agar kegiatan yang akan dilaksanakan, perencanaannya harus bersifat bottom up.  Hal penting lain yang menjadi pokok diskusi adalah ketepatan subyek dan obyek Perhutanan Sosial untuk menghindari konflik dalam pengelolaannya. Bupati juga menyampaikan, kedepannya agar kelompok tani di Madiun di tetapkan melalui SK Bupati dengan skema yang diusulkan adalah Hutan Desa, mempertimbangkan kemudahan dalam monitoring dan evaluasi, dukungan penganggaran Pemda dan kontinuitas program. Untuk pengukuran keberhasilan proyek FP V, Pak Bupati mengingatkan  diawal kegiatan perlu ada data kondisi awal atau baseline data, kemudian kegiatan intervensi proyek missal pemberdayaan masyarakat, investasi yang terukur juga pada saat proyek berkahi “ before-activities-after.